Microdermabrasion adalah tindakan abrasi lapisan kulit paling atas dengan menggunakan kristal halus atau bubuk organic. Prosedur perawatan ini akan merangsang produksi sel sel baru pada lapisan paling bawah. (basal layer) dari dermis. Prosedur perawatan mikrodermabrasi ini memberikan hasil wajah yang lebih besar dan tampak awet muda. Hasil yang didapatkan relative permanen, dapat dihentikan dan tidak menimbulkan ketergantungan.

Anda akan melihat perubahan terus berlangsung secara bertahap selama perawatan dilakukan. Mikrodermabrasi dilakukan kira-kira setiap 7 - 10 hari sekali. Dan setelah 4 - 6 kali sesi perawatan, akan mulai terlihat hasil yang signifikan. Kulit anda akan terlihat lebih halus, bersih, cerah dan warna kulit yang lebih rata. Hasil yang maksimal akan dirasakan jika anda mengikuti program ini secara berkala.

Perawatan mikrodermabrasi dapat dilakukan antara 10 - 24 kali sesi pengerjaan, tergantung berat dan ringannya kelainan pada kulit. Adapun waktu yang diperlukan sekitar 20 - 25 menit untuk satu sesi pengerjaan , tergantung luas area perawatan. Untuk memperoleh hasil yang maksimal , setelah 10 kali perawatan diatas disarankan untuk kembali mengikuti perawatan pemeliharaan setiap 3 - 4 bulan sekali.

Setelah menjalani mikrodermabrasi, kulit akan terlihat berwarna merah muda selama satu atau dua hari. Selain itu kulit pn terasa lebih hangat, peka terhadap sentuhan, sedikit geli, maupun sensasi sengatan ringan yang tidak menggangu. Dianjurkan untuk menghindari paparan matahari langsung yang berlebihan selama seminggu. Gunakan toner, pelembab, krim tabir surya. Hindari produk yang mengandung Alpha-Hydroxy Acid , Glycolic Acid dan Exfoliation scrub selama 72 jam setelah sesi perawatan mikrodermabrasi. Hindari pemakaian makeup wajah seperti foundation cair atau compact powder foundation selama 24 jam setelah sesi perawatan mikrodermabrasi. Adapun eye make-up dan lipstick boleh dipakai segera setelah perawatan.

Prosedur perawatan mikrodermabrasi adalah proses pengelupasan kulit akan tetapi perawatan ini tidak sakit dan tidak memerlukan waktu pemulihan yang lama seperti halnya operasi plastic atau pengelupasan atau peeling kimia. Mikrodermabrasi memerlukan waktu penyembuhan yang relatif singkat sekitar 1 - 5 jam dibanding dengan peeling kimiawi yang memerlukan waktu 3 - 7 hari ataupun peeling dengan laser yang memerlukan waktu 4 - 6 minggu. Tidak ada resiko yang didapat pada prosedur perawatan mikrodermabrasi jika anda seorang dewasa yang tergolong cukup sehat, kecuali anda memiliki masalah tertentu dengan kulit dan kesehatan.